Berita Makola

Peringati Hari Anak Sedunia, Dispendukcapil Jembol Adminduk di MPP Merdeka

Klojen (malangkota.go.id) – Dalam rangka Hari Anak Sedunia yang diperingati setiap tanggal 20 November, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Malang bersama Ramayana menggelar kegiatan pelayanan Jemput Bola Administrasi Kependudukan (Jembol Adminduk) dan acara Kreasi Anak di Mal Pelayanan Publik (MPP) Merdeka Kota Malang, Minggu (19/11/2023).

kegiatan pelayanan Jemput Bola Administrasi Kependudukan (Jembol Adminduk) dan acara Kreasi Anak di Mal Pelayanan Publik (MPP) Merdeka Kota Malang

Kepala Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil Dispendukcapil Kota Malang Ir. Roos Asri Ratna Wijaya, M.AP mengungkapkan kegiatan hari ini adalah wujud dari program nasional Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA). “Kita bekerjasama dengan Ramayana yang kebetulan hari ini mengadakan lomba Kreasi Anak, sehingga pas momennya,” jelas Etna, panggilan akrab Roos Asri Ratna Wijaya.

Sesuai dengan tema yang diangkat, yakni ‘Ayo Peduli Hak Sipil Anak dengan Dokumen Kependudukan’, dalam kegiatan kolaborasi ini mewajibkan peserta lomba kreasi anak harus mendaftar menggunakan Kartu Identitas Anak (KIA). “Jadi persyaratan lombanya, peserta harus membawa KIA. Jika belum punya bisa mengurus on the spot, dan langsung jadi,” terangnya.

Tak hanya itu saja, berbagai jenis pelayanan disediakan dalam Jembol Adminduk kali ini. “Yang dilayani mulai dari registrasi KTP-El, registrasi Identitas Kependudukan Digital, update data KK, verifikasi dokumen pencatatan sipil yakni akta kelahiran, akta kematian, akta perkawinan (non muslim). Adapun layanan langsung jadi yakni rekam dan cetak KIA, serta KTP dan KK (hilang/rusak),” urai Etna.

Pelayanan adminduk ini disampaikan Etna terbuka untuk masyarakat umum. Ini merupakan inovasi dari Dispendukcapil Kota Malang untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, serta sebagai tindak lanjut untuk mewujudkan Kota Malang sebagai Kota Layak Anak.

Lebih lanjut dikatakannya bahwa pihaknya terus melakukan inovasi pelayanan publik yang memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas, salah satunya adalah program jemput bola dan juga pelayanan di hari libur seperti sekarang ini. (cah/yon)

69 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *